PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Berkembang pesatnya sistem Pembelajaran Terbuka dan Jarak Jau (PTJJ) ditunjang oleh perkembangan bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Dibukanya kesempatan bagi institusi pendidikan formal, non formal dan informal oleh DIKTI untuk menawarkan program pendidikan secara jarak jauh dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Istilah Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh digunakan untuk sistem pendidikan dimana ada keterpisahan dalam jarak dan waktu antara peserta didik dan pendidik.
Secara umum sistem Pembelajaran Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ) didasarkan pada keterpisahan antara peserta didik dan pengajar dalam ruang dan waktu, pemanfaatan (paket) bahan belajar yang dirancang dan diproduksi secara sistematis, adanya pertemuan tenaga dosen dan peserta didik yang tidak terus menerus, antara pserta didik dengan peserta didik, tutor, dan organisai pendidikan melalui beragam media, serta adanya penyeliaan dan pemantauan yang intensif dari suatu organisasi pendidikan.
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berfungsi sebagai media untuk menyampaikan bahan ajar dan memfasilitasi interaksi pembelajaran. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah dalam bentuk pemanfaatan media perekam (Program Audio dan Visual), media siaran (program radio dan televisi), media berbasis komputer, maupu berbasis jaringan yaitu web based atau internet (E-learning).
Model pembelajaran Pembelajaran Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ) menuntut terjadinya perubahan dalam berbagai komponen pembelajaran, baik dalam hal aktivitas dosen, maupun aktifivitas mahasiswa. Perubahan ini tentunya akan beerdampak pada motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan hasil belajar yang dicapai mahasiswa.
Jadi masalah masalah yang harus diperhitungkan selain masalah media yang dipergunakan, infrastruktur yang memadai,juga masalah proses belajar dan pembelajaran.
1.2 Identifikasi dan Pembatasan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, maka identifikasi masalah dalam Tugas Akhir (TA) ini adalah:
1. Bagaimana prosedur penyiapan video streaming ?
2. Bagaimana perancangan video streaming yang menarik dan sesuai dengan dunia pendidikan ?
.
1.3 Batasan Masalah
Tugas Akhir (TA) ini hanya dilakukan di SEAMEO Regional Open Learning Centre (SEAMOLEC), Jakarta. Staf yang dilibatkan dalam Tugas Akhir (TA) ini adalah staf SEAMOLEC dan siswa SMK yang magang di SEAMOLEC.
1.4 Perumusan Masalah
Masalah Tugas Akhir (TA) ini dirumuskan sebagai berikut:
Bagaimanakah model “MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO STREAMING” untuk program Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ).
1.5 Tujuan
Secara umum tujuan Tugas Akhir (TA) ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran pendidikan terbuka dan jarak jauh (PTJJ) di SEAMOLEC.
Secara rinci tujuan Tugas Akhir (TA) ini untuk:
1. Bagaimana menyiapkan perangkat perekaman video streming untuk pembelajaran.
2. Mengetahui tata cara presentasi yang baik untuk ditayangkan berupa video streaming sebagai media pembelajaran.
3. Memenuhi persyaratan kelulusan Diploma III (D3).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar